Bisakah Saya Membentuk PT Saat Bekerja di Tempat Lain?

 


Jika PT atau Perseroan Terbatas, tampak seperti kendaraan yang ideal untuk bisnis sampingan Anda, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda dapat membentuk PT saat bekerja di pekerjaan lain. 

Memulai bisnis sampingan sambil tetap mempertahankan pekerjaan harian Anda adalah cara yang ideal untuk mencelupkan kaki Anda ke dalam perairan kewirausahaan. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang sangat dibutuhkan. Tetapi dalam kebanyakan kasus, Anda ingin mempertahankan pekerjaan tetap Anda, apakah itu karena gaji tetap akan membantu bisnis baru Anda tetap bertahan sampai menjadi layak secara finansial atau apakah Anda hanya ingin memulai bisnis sampingan untuk mendapatkan penghasilan. uang tambahan.

Oleh karena itu, ide yang baik untuk memastikan ide Anda untuk memulai PT tidak akan menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan ketika datang ke pekerjaan Anda.

Aturan dan Regulasi Pembentukan PT

Anda mungkin berpikir Anda dilarang memulai PT saat bekerja di pekerjaan lain karena peraturan wilayah untuk membentuk PT. Informasi lebih lengkap untuk pembentukan PT bisa cek di PT. Bandung.

Undang-undang negara yang mengatur pembentukan PT bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya, tetapi meskipun ada prosedur berbeda yang harus diikuti tergantung pada negara bagian tempat Anda tinggal, negara tidak melihat status pekerjaan Anda saat Anda mengajukan aplikasi untuk membentuk PT . Ketika datang untuk mematuhi aturan hukum yang diperlukan untuk memulai PT, apakah Anda dipekerjakan atau tidak pada saat Anda memulai bisnis tidak relevan dengan peraturan pendaftaran PT negara Anda.

Kontrak Kerja Anda

Mungkin hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan ketika memulai bisnis sampingan adalah kata-kata kontrak kerja atau pekerjaan Anda, atau, jika Anda tidak memiliki kontrak kerja, kebijakan majikan Anda tentang karyawan yang menjalankan bisnis sampingan.

Misalnya, apakah ada ketentuan tentang kepemilikan penemuan atau inovasi yang dibuat atau dikembangkan oleh Anda sebagai bagian dari pekerjaan Anda, atau selama waktu perusahaan?

Seringkali, inovasi apa pun yang dikembangkan karyawan saat bekerja atau saat menggunakan sumber daya perusahaan akan menjadi milik Bos, jadi ini adalah hal penting untuk diingat jika bisnis sampingan baru Anda melibatkan penggunaan penemuan baru semacam itu.

Tetapi bagaimana jika bisnis baru Anda tidak melibatkan penemuan atau inovasi baru? Jika demikian, apakah bisnis sampingan Anda akan bersaing dengan bisnis majikan Anda? Atau apakah ada konflik kepentingan lain dengan atasan Anda yang mungkin timbul karena Anda memulai bisnis saat Anda masih bekerja?

Banyak kontrak kerja memiliki ketentuan non-persaingan yang melarang karyawan memulai bisnis yang menempatkan mereka dalam persaingan dengan majikan mereka; kontrak kerja juga dapat berisi klausul yang melarang karyawan untuk melakukan pekerjaan di luar pekerjaan mereka yang menimbulkan konflik kepentingan dengan pekerjaan mereka.

Haruskah Anda Memberitahu Bos Anda?

Ada sedikit perdebatan mengenai apakah Anda harus memberi tahu atasan Anda bahwa Anda menjalankan bisnis sampingan. Di satu sisi, jika atasan Anda mengetahui usaha bisnis baru Anda, dia mungkin mulai mengkhawatirkan komitmen Anda terhadap pekerjaan harian Anda; mungkin juga ada kekhawatiran Anda akan menggunakan sumber daya perusahaan dan waktu perusahaan untuk mengerjakan bisnis Anda sendiri. Di sisi lain, bisnis baru Anda mungkin menyediakan barang atau jasa yang ideal untuk atasan Anda, yang bisa menjadi salah satu pelanggan pertama bisnis Anda. Meskipun sering kali yang terbaik adalah bersikap sejujur ​​mungkin dengan atasan Anda, hanya Anda yang tahu keadaan pekerjaan Anda dengan cukup baik untuk memutuskan apakah Anda harus memberi tahu atasan Anda tentang bisnis baru Anda.

Menangani Masalah Pajak

Kecuali jika Anda memilih agar PT Anda dikenai pajak sebagai perusahaan dalam hal ini perusahaan Anda akan membayar pajak PT sebagai entitas perusahaan yang terpisah dan mengajukan pengembalian pajak perusahaannya sendiri Anda akan melaporkan penghasilan PT Anda pada pengembalian pajak pribadi Anda dengan mengisi Jadwal ke Formulir Pajak Penghasilan.

Membuatnya Bekerja

Jadi, Anda telah memeriksa kontrak kerja Anda, dan tidak ada yang menghentikan Anda untuk memulai bisnis baru saat Anda masih bekerja di pekerjaan harian Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu memperlancar jalan menjalankan bisnis sampingan yang sukses sambil tetap bekerja:

  • Sadarilah komitmen waktu yang dibutuhkan bisnis sampingan. Meskipun Anda akan bekerja paruh waktu di usaha bisnis baru Anda, jam-jam ini akan dilakukan di atas jam kerja reguler Anda. Ini berarti Anda akan memiliki lebih sedikit waktu luang untuk kehidupan pribadi Anda.
  • Berhati-hatilah untuk tidak mengerjakan bisnis Anda saat Anda sedang bekerja. Mungkin hanya perlu beberapa detik untuk menjawab email pelanggan, tetapi beberapa detik itu tidak boleh dilakukan pada waktu majikan Anda. Pisahkan jam kerja Anda dengan jelas dari jam bisnis baru Anda; menyerah pada godaan untuk bekerja pada bisnis Anda sendiri saat bekerja tidak etis dan juga bisa berakhir menempatkan Anda dalam air panas dengan majikan Anda.

Sama seperti Anda tidak boleh mengerjakan bisnis Anda saat berada di waktu perusahaan, Anda juga tidak boleh menggunakan sumber daya dan peralatan perusahaan untuk tugas-tugas yang Anda lakukan untuk bisnis Anda sendiri. Mungkin tergoda untuk membuat beberapa salinan setelah jam kerja di mesin fotokopi majikan Anda, tetapi sekali lagi perilaku seperti itu tidak etis dan juga dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meningkatkan Efisiensi Pajak Bisnis dengan Dukungan Ahli Perpajakan

Cara Cerdas Menentukan AC yang Tepat dan Memilih Layanan Perbaikan Berkualitas di Medan

Tips Terbaik Memilih AC yang Ideal untuk Kenyamanan Rumah Anda